banner 728x90

Pemicu Blokir Jalinsum di Kamang Baru diduga Karena Ditangkapnya Salah Seorang Ninik Mamak Nagari Setempat.

1.497 views

print

Sijunjung,mediacerdas__ Pemblokiran Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) ruas Kiliran Jao – Taluok Kuantan, lebih kurang selama 1 jam oleh ratusan masyarakat Kamang Baru dengan cara membakar ban di tengah jalan ini, diduga dipicu oleh penangkapan salah seorang warga setempat oleh pihak Satrekrim Polres Sijunjung dalam kasus Batu Mangan.

Dugaan pemicu pemblokiran Jalinsum didaerah Kamang Baru ini adalah karena ditangkapnya salah seorang ninik mamak setempat oleh pihak Satreskrim Polres Sijunjung dalam kasus Batu Mangan, “ ujar Satar salah seorang warga setempat kepada mediacerdas, Selasa (25/12) sekitar pukul 21.45.wib.

Lebih jauh disampaikan oleh Satar bahwa,” Pada hari sebelumnya, Senen (24/12)  sekitar pukul 20.00 wib, salah seorang warga Kamang Baru, yang bernama Sabar (54 th) yang juga merupakan ninik mamak di daerah setempat, ditangkap oleh pihak Satreskrim Polres Sijunjung, sedang memuat batu mangan, dan langsung di gelandang ke Mapolres setempat,”ungkapnya.

“Batu Mangan, yang di muat ke mobil tersebut, hendak dijual kepada ibu Riri, (tampa menyebutkan siapa itu ibu Riri tersebut), padahal mangan tersebut ada surat-suratnya,” selanya lagi.

“Kemudian setelah Sabar ditangkap, dimintalah dua orang utusan dari warga Kamang Baru untuk menemui Kasat Reskrim ke Mapolres, tetapi setibanya utusan ini di Mapolres Sijunjung, Kasat Reskrim tidak berada di tempat, sehingga dua orang utusan masyarakat ini kembali ke Kamang Baru, dan memberitahu masyarakat setempat,”ulasnya, kepada mediacerdas.

“Karena merasa kesal, dengan ditangkapnya salah seorang ninik mamak tersebut, akhirnya ratusan warga Kamang Baru tersebut turun ke jalan membakar ban mobil, dan memblokir ruas jalan tersebut, Rabu (25/12) sekitar pukul 20.00.wib sampai dengan pukul 21.00.wib.” ujarnya.

Sehingga tindakan massa ini tidak bisa dibendung lagi, pelak.puluhan mobil berhenti dan membuat macet sepanjang lebih kurang 5 kilometer baik dari Kiliran Jao maupun sebaliknya.

Aksi ini bisa diredam setelah Kapolsek Kamang Baru beserta jajarannya turun langsung di tengah masyarakat setempat, setelah bernegosiasi dan mencoba mencari solusinya, akhirnya Jalinsum ini kembali lancar seperti semula. (aciak)  

 

 

 

 

banner 200x200

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan