banner 728x90

KPUD Dharmasraya Adakan Debat Publik di Auditorium Kantor Bupati Setempat

26 views

print

Dharmasraya, Media Cerdas, __ Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dharmasraya menggelar debat publik calon Bupati, dan Wakil Bupati yang diikuti oleh dua Paslon. Yakni, Panji Mursidan-Yosrizal, dengan nomor urut 01 dan Sutan Riska Tuanku Kerajaan- Dasril Panin Dt Labuan nomor urut 02.

“Ini merupakan kampanye yang difasilitasi KPU Kabupaten untuk menyampaikan program kerja pasangan calon, untuk masyarakat Kabupaten ini,” kata Maradis, di ruang debat Auditorium kantor bupati setempat, Minggu 15/11.

Maradis MA, mengatakan, sebagaimana diatur oleh Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 5 tahun 2020 tentang Tahapan Pilkada Serentak 2020, panitia harus memperhatikan beberapa hal termasuk pemenuhan standar protokol kesehatan bebas Covid-19, pada pelaksanaan kali ini.

Ia menambahkan, para pasangan calon yang akan berkontestasi pada Pilkada Malang 2020 tersebut, bisa memberikan informasi secara mendetil, dan menyeluruh kepada masyarakat, yang nantinya akan dipergunakan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan pilihan.

“Ini juga untuk memberikan informasi secara menyeluruh, sebagai salah satu pertimbangan bagi masyarakat untuk menentukan pilihan,” ucapnya

Debat kali ini, mengusung beberapa materi yakni Pemerintahan, pelayanan Publik dan kesatuan bangsa sebagaimana diatur dalam Keputusan KPU nomor 456 tahun 2020 tentang kampanye.

Selain itu, debat ini juga akan mengali program- program kandidat lebih mendalam tentang kiat-kiatnya memajukan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, menyelesaikan persoalan daerah, menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah dengan provinsi dan nasional serta memperkokoh NKRI.

Pelaksanaan debat pertama tersebut, menjadi wadah untuk menyampaikan program-program pasangan calon peserta Pilkada 2020 yang akan berebut kursi Bupati, dan Wakil Bupati Dharmasraya

Pada Pilkada 2020, diikuti oleh dua pasangan calon yakni Panji Mursidan-Yosrizal, dengan nomor urut 01 dan Sutan Riska Tuanku Kerajaan- Dasril Panin Dt Labuan nomor urut 02.

Untuk menjaga kapabilitas, kualitas serta netralitas pelaksanaan debat tersebut, lanjut Maradis, pihaknya melibatkan dewan pakar dari kalangan Akademisi, yakni Dr. Riki Saputra, MA, Dr.Khairul Fahmi, SH,MH, Dr. Aidinil Zetra,S.IP.MA, Dr.Ilpi Zukdi,M.Pd. dan Hendri Navigator, S.Psi.I, ” terangnya.

Lanjut Maradis, sementara untuk moderator, awalnya direncanakan dipandu oleh Dr.Abdullah Husairi, MA. Karena ada beberapa halangan, digantikan oleh salah seorang penggiat jurnalistik yang juga merupakan salah seorang penguji kompetensi pada Aliansi Jurnalistik Indonesia (AJI), Nashrian Bahrein.

Peserta debat hanya diikuti oleh lebih kurang 21 orang yang terdiri dari pasangan calon 4 orang, komisioner KPU 5 orang, Komisioner Bawaslu 2 orang, tim kampanye 4 orang, dewan pakar 5 orang, moderator 1 orang. (yy)

banner 200x200

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan