banner 728x90

Tiga Perkara Korupsi Telah Ditangani Kejari Dharmasraya

57 views

print

Dharmasraya, Media Cerdas,__- Satu persatu, kasus korupsi di Dharmasraya, diungkap oleh Kejaksaan Negeri setempat. Tercatat, sepanjang tahun 2020 hingga November ini, sebanyak tiga kasus korupsi yang sudah dalam penuntutan dan satu dalam proses penyidikan.

“Yakni, kasus Ruang terbuka hijau satu berkas, kasus pembangunan Lembaga Pemasyarakatan LP Kelas III Dharmasraya dua berkas dan satu berkas kasus Bansos,” kata Kajari Dharmasraya Haris Hasbullah melalui Kasi Pidsus Ilza Putra Zulfa, Selasa 24/11.

Ia merinci, dalam kasus bantuan Sosial (Bansos) program Sarjana Membangun Desa tahun anggaran 2010 itu, ketua kelompok penerima Bansos tersebut telah putus dan pelakunya sudah mendekam dalam sel tahan.

“Pada tahun ini, kita lakukan pengembangan dan telah kita tetapkan wali Nagari Koto Tinggi sebagai tersangka korupsi dana bansos yang merugikan negara hingga Rp.269juta,” jelasnya.

Dalam korupsi ini lanjutnya, dalam kasus Bansos tahun 2010 itu, anggaran dananya sebesar Rp. 325juta yang diberikan pada kelompok Tani Karya Dharma di Nagari Koto Tinggi Kecamatan Koto Besar.

“Bansos ini berupa program peternakan sapi, pada kelompok Tani Karya Dharma tahun 2010,” ungkapnya.

Sedangkan dalam kasus Ruang terbuka hijau dengan kegiatan tahun 2017 dengan anggaran Rp.4,2miliar yang bersumber dari dana Kementerian PUPL telah putus dengan menetapkan dua tersangka. Yakni, kontraktor dan PPK dari kementerian PUPL.

“Lokasi RTH ini, tepat di simpang Silago, Nagari Sungai Kambuik, Kecamatan Pulau Punjung,” jelasnya.

Sementara pada dugaan korupsi dalam pembangunan Lembaga Pemasyarakatan LP Kelas III Dharmasraya, tahun anggaran 2014 dengan dana sebesar Rp.9Miliar, pihaknya, telah melakukan penuntutan dengan dua berkas.

“Satu orang sudah kita tetapkan sebagai tersangka, dan satu lagi dalam proses penuntutan. Karena, pembangunan ini dua tahap,” katanya.

Sedangkan, pada tahun 2019, Kejaksaan Negeri Dharmasraya telah melakukan penuntutan kasus dugaan kotupsi sebanyak dua kasus. Yakni dalam dugaan kasus korupsi Bansos ternak sapi dan pembanguan LP.(y)

banner 200x200

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan